Rabu, 03 Desember 2014

Terminal Server

Postingan kali ini kita akan membahas mengenai Terminal Server. Nah, sebelum masuk ke pembahasan tentu kita harus tahu dulu apa itu server?

Secara umum server adalah sebuah komputer yang berisi program baik sistem operasi maupun program aplikasi yang menyediakan pelayanan kepada komputer atau program lain yang sama ataupun berbeda. Komputer server adalah komputer yang bisanya dikhususkan untuk menyimpan data yang kan diguakan bersama, atau berbagi basis data. server juga menggunakan sistam oprasi berbasis network ( Network Operating System ) maka komputer server berisi informasi daftar user yang diperbolehkan masuk ke server tersebut.
Terminal server adalah perangkat kera atau server yang memungkinkan 1 atau lebih termianl untuk terkoneksi ke jaringan Local Area Network (LAN) membutuhkan setiap terminal mempunyai NIC (Network Interface Card) atau modem. Terminal disini maksudnya bisa PC, printer atau perangkat lainnya dengan serial port interfacenya RS-232 / RS-423. Terminal server bisa mendukung koneksi hingga 128 perangkat terminal. Terminal server bertindak saperti sebuah multiplayer yang memungkinkan sejumlah komputer kecil, atau terminal-terminal yang lain, untuk mengakses ke sebuah titik LAN yang sama. Terminal server digunakan untuk menyediakan akses ke komputer pusat untuk sejumlah terminal dengan menggunakan biaya yang rendah.
Terminal server adalah salah satu arsitektur dari terminal service. Sebuah layanan yang digunakan untuk mengakses data, aplikasi sampai dekstop windows yang terdapat di sebuah komputer/server jarak jauh melalui sebuah jaringan. Terminal Server adalah komponen server layanan Terminal. Ini menangani tugas otentikasi klien, serta membuat aplikasi yang tersediadari jarak jauh. Hal ini juga dipercayakan dengan tugas membatasi klien sesuai dengan tingkat akses yang mereka miliki. Terminal Server menghormati kebijakan pembatasan perangkat lunak yang dikonfigurasi, sehingga membatasi ketersediaan software tertentu untuk hanya kelompok tertentu pengguna. Informasi sesi remote disimpan dalam direktori khusus, yang disebut Directory Session yang disimpan diserver. Direktori sesi digunakan untuk menyimpan informasi negara tentang sesi. Server terminal juga harus mengelola direktori ini. Terminal Server dapat digunakan dalam cluster juga.
Salah satu implementasi terminal server terdapat pada windows server 2008. Pada Windows Server 2008, telah secara signifikan dirombak. Sementara log in, jika pengguna login ke sistem lokal menggunakan akun Windows Server Domain, dan dari sign-on yang sama dapat digunakan untuk otentikasi sesi remote. Namun, ini memerlukan Windows Server 2008 menjadi terminal OS server, sedangkan OS klien terbatas pada Windows Server 2008, Windows Vista dan Windows 7. Selain itu, terminal server dapat dikonfigurasi untuk memungkinkan koneksi ke program individu, daripada seluruh desktop, dengan menggunakan fitur bernama Remote App. Terminal Services Web Access (TS Web Access) membuat invocable sesi Remote App dari browser web. Ini termasuk kontrol TS Web Access Web Part yang mempertahankan daftar Remote Apps digunakan pada server dan membuat daftar up to  date. Terminal Server juga dapat berintegrasi dengan Windows Sistem Resource Manager untuk throttle penggunaan sumber daya dari aplikasi remote.
Terminal Server dikelola oleh Terminal Server Manager Microsoft Management Console snap-in. Hal ini dapat digunakan untuk mengkonfigurasi masuk persyaratan, serta untuk menegakkan satu contoh dari sesi remote. Hal ini juga dapat dikonfigurasi dengan menggunakan Kebijakan Grup atau Windows Management Instrumentation. Hal ini, bagaimanapun, tidak tersedia dalam versi klien Windows OS, di mana server pra-dikonfigurasi untuk memungkinkan hanya satu sesi dan menegakkan hak-hak account pengguna pada sesi remote, tanpa kustomisasi apapun.Untuk kelancaran komunikasi, dibutuhkan perangkat lunak yang menjembatani antara computer client dengan computer server. Pada jaringan thin client, sumber daya untuk client akan ditanamkan suatu terminal yang berfungsi untuk melayani pengiriman dan permintaan data/informasi ke/dari server. Perangkat lunak ini biasa disebut Client Terminal. Secara keseluruhan system ini disebut dengan Preboot Execution Environment (PXE).
Proses pengiriman dan permintaan data/informasi ini akan ditanggapi oleh perangkat lunak server sebelum diproses oleh sumber daya server. Perangkat lunak ini disebut dengan Terminal Server atau Server Metaframe.Dalam implementasinya, kedua perangkat lunak ini ditanam pada satu mesin yang sama yaitu CPU server karena pengguna tidak memiliki system pemroses sendiri. Namun, perangkat lunak ini bekerja pada sumber daya masing-masing yang dimiliki server maupun client. Artinya, sumber daya yang dimiliki client merupakan pembagian secara virtual dari sumber daya keseluruhan yang dimiliki computer server, sehingga terminal client ditanam pada sumber daya yang telah divirtualisasikan untuk client, sedangkan terminal server ditanam pada sumber daya yang dialokasikan untuk server.
Terminal Server dibangun untuk semua server Windows dan Windows XP/Vista sistem desktop Profesional. Hal ini memungkinkan pengguna untuk login jarak jauh dari berbagai jenis workstation dan "thin" klien. Dengan masuk pengguna membuat sendiri sesi  klien mereka di server.
Sejak diperkenalkannya Windows XP, konsep remote login menjadi lebih akrab bagi pengguna Windows. Tapi mungkin masih ada beberapa pertanyaan.
Jika Anda dapat menjalankan semua aplikasi Anda pada mesin desktop Anda, mengapa Anda harus masuk ke server terminal? Jawaban sebagian besar berputar di sekitar tema bahwa tidak semua yang Anda butuhkan adalah pada desktop Anda, misalnya:Anda sedang duduk disebuah workstation UNIX dan membutuhkan beberapa kemampuan yang hanya Windows menyediakan. Anda sedang duduk dimesin Windows XP/Vista dan membutuhkan beberapa kemampuan yang tidak terpasang pada PC desktop Anda, tetapi tersedia disalah satu server Windows terminal yang dikelola oleh departemen.
Peningkatan kinerja juga dapat dimungkinkan bila menggunakanTerminal Server. PC desktop Anda mungkin dapat melakukan tugas-tugas tertentu, tetapi juga dapat menjadi tua atau lambat. Atau Anda mungkin bekerja di rumah dan mengakses file Anda---yang berada pada salah satu file server departemen lebih lambat (oleh standar net lokal) Link. Anda akan menemukan lebih cepat dalam kasus tersebut untuk login ke Terminal Server untuk mengedit spreadsheet besar Anda daripada untuk mengedit pada PC rumah Anda, karena yang terakhir akan memerlukan men-download file dari direktori file server Anda kesistem rumah Anda, kemudian meng-upload hasil kembali ke file server.

Beberapa komponen penting dari terminal server :
  • Server, disini server sangat dibutuhkan karena jika tidak ada server maka tidak akan ada terminal server karena konsep dari terminal server adalah adanya server dan adanya client
  • User dan Input Devices. Ini juga sangat dibutuhkan dimana user disini adalah client dan input device nya adalah perangkat yang digunakan untuk mengakses server melalui client contohnya mouse dan keyboard.
  • Displays ini juga penting karena jika tidak ada tampilan maka apa yang akan client akses.
  • Operating System dan Applications. Dalam konsep terminal server, komputer server memerlukan OS dan Apllication yang kemudian dapat diakses user atau client dari jarak jauh  menggunakan remote desktop.



Cara kerja terminal server

Terminal Server bekerja dengan mengetahui bagaimana menanggapi proses klien yang Anda berjalan di UNIX atau Windows host lokal Anda. Ini "klien terminal" menyajikan anda dengan jendela yang mensimulasikan monitor lokal. Terminal Server mengelola semua sumber daya komputasi untuk Anda dan memberikan Anda dengan lingkungan Anda sendiri. Server menerima dan memproses semua stroke kunci dan klik mouse yang dikirim oleh masing-masinklien dan mengarah kan output display (audio dan video) untuk setiap klien yang sesuai. Anda memiliki akses ke semua sumber daya Anda berwenang jaringan dan dapat menjalankan aplikasi yang dibuat tersedia untuk Anda di server. Semua aplikasi yang didukung oleh Windows 2003 Server dapat dijalankan melalui Terminal Server.
Terminal Server Klien
·         Microsoft RDP Client untuk Windows. Untuk mengakses terminal server client menggunakan Remote desktop protocol
·         Remote Desktop Connection. Microsoft menyediakan "Remote Desktop Connection" alat yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke server terminal. Menggunakan RDP Microsoft (Remote Desktop Protocol) untuk berkomunikasi dengan Server Terminal. Jika hal ini belum diinstal pada workstation Windows Anda.

Kelebihan :
  • Resources tidak terbuang sia – sia karena resources ada di Server
  • User tidak perlu menginstall aplikasi yang dibutuhkan karena di server sudah ada dan tinggal diakses
  • Biaya murah karena tidak perlu Pcyang mahal untuk mengakses Terminal Server
  • User tidak perlu ke ruang server untuk mengakses server
  • Efisiensi dalam penggunaan software dan hardware
  • Dengan system terminal server, perusahaan dapat melakukan efisiensi dan maintenance lebih mudah karena terpusat dan integrated
  • PC client dapat menggunakan system operasi manapun, seperti Windows, Linux, Machintos,
  • Hemat Resource, karena yang diberdayakan hanya server yang bertindak sebagai Terminal dan untuk setiap user yang menggunakan software yang berada di terminal server dapat berdiri sendiri layaknya PC desktop
  • Sangat efisien digunakan untuk mengoperasikan software-software multi user yang menuntut bekerja secara client server seperti software casir, accounting, billing system, Purchase, POS… yang tidak dibatasi oleh lokasi yang berbeda karena system koneksitasnya dapat melalui internet dengan system VPN di atas.
  • Terminal Server dapat dimanage sehingga disisi client hanya menjalankan Aplikasi tertentu saja
  • Data transfer tidak memerlukan bandwith yang besar
  • Dapat Membuat sebuah aplikasi yang sebenarnya tidak bisa berjalan secara client server menjadi dapat dioperasikan berjalan secara client server.
  • Penggunaan terminal ini dapat memanfaatkan printer local atau disk drive local secara mandiri.
  • Penggunaan aplikasi dengan multi user dengan sistem terpusat lebih mudah dalam melakukan maintenance.

Kekurangan :
  • Membutuhkan local computer yang rentan terkena virus dan spyware karena antivirus terinstall di server
  • Software yang digunakan setiap user harus sama karena software berasal dari server.
  • Performance nya akan rendah jika server rusak
  • Ada beberapa software yang tidak ssuai karena terminal server berjalan di windows. Misalnya windows server 2008 nah ada beberapa yang tidak sesuai jika diinstall di server
  • Tidak untuk multimedia seperti video dan sound karena didesain untuk business

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave your comment, please :)

 

Blog Template by BloggerCandy.com