Senin, 04 Januari 2016

Jadi guru 1 semester itu........

Haii haaaii haaaaiiiii!!
Udah lama banget gak update blog, maklumlah udah memasuki kawasan mahasiswa tingkat akhir jadi rada-rada sibuk gitu, hehe. Iya, jadi ceritanya kemaren aku baru selesai PLK (Pengalaman Lapangan Kependidikan) atau yang sering disebut PPL itu loh, jadi cekgu ceritanyaaaa hhahaha. Nah, PLK nya baru aja selesai 2 minggu yang lalu, jadi sekarang ceritanya aku mau berbagi cerita ke kalian gitu, sekalian ngilangin sarang laba-laba di blog ini, lol.

Jadi ceritanya bulan Juli yang lalu, seluruh mahasiswa UNP yang semester 7 yang jurusan/prodinya kependidikan, diwajibkan ngambil matakuliah PLK. Sistem penempatannya rebutan, jadi siapa cepat dia dapat. Awalnya aku kalah cepat, padahal udah nongkrong didepan laptop loh sebelum jam 8 sama tari di lantai 2 Baltekkomdik. Waktu itu aku ambil di SMKN 1 Kinali, Pasaman Barat. Di kampungnya Tari, saking takut gak kedapatan tempat lagi. Tapi untunglah setelah melalui urusan yang panjang, akhirnya batal jadi warga Kinali selama 1 semester. Akhirnya aku dapet di SMKN 2 Padang. Alhamdulillah, yaah.. Sesuatuuh banget.

Banyak yang bilang kalau di SMKN 2 anaknya pintar-pintar, lebih pintar dari gurunya masa. hahaha. udah pecah mental banget awalnya, tapi setelah dijalani, akupun sadar, udah dibengak-bengak'in (Jambi language mode on).

Sebelum mulai PL, kami harus ikut Coaching dulu. Coaching ini diadakan oleh Universitas, Fakultas, dan Jurusan. Jadi, lewat Coaching kami diberitahu dan dikasih bayang-bayang gimana nanti pas terjun langsung di kolam renang, eh, di Sekolah maksudnya.

Udah Coaching kan ya, barulah kami boleh mulai PL, tepatnya tanggal 24 Agustus 2015 itu kita udah mulai Observasi di Sekolah masing-masing. Saat itu, kami yang dapet di SMKN 2 disuruh ke Sekolah lebih awal, kira-kira seminggu sebelum Observasi, untuk bertemu Kepala Sekolah SMKN 2 Padang. Keesokan harinya, kami udah pada ngumpul di dekat pintu masuk SMKN 2, berdiri-diri kek orang bego banget. Karena Kepala Sekolahnya sedang ada urusan, jadi kami disuruh pulang dulu, eh nunggu dulu kalii.

Nah, gak beberapa lama kami disuruh masuk ke ruang Kepala Sekolah, disanalah kami berkenalan langsung dengan Kepala Sekolah, Bapak. Abdullah, dan Wakil Manajemen Mutu, Bapak Syafrizal Sabri. Saat itu dimulailah pembagian guru pamong, dan akupun kebagian mengajar Simulasi Digital, dengan pamongnya Bapak Suhandi.

Minggu pertama, masih observasi. Sebagian dari kami udah ada yang disuruh masuk kelas. Waktu itu aku udah disuruh masuk kelas oleh guru pamong. Jadi untuk seminggu pertama adalah minggu perkenalan. Kebetulan guru pamong ngajar 6 kelas dalam seminggu, dan.. KELAS X SEMUA... hiks.
Kebayang kaan ngajar anak yang baru aja tamat SMP :')

Untuk minggu pertama, lancar. Alhamdulillah. Mereka sepertinya belum terlalu antusias dengan kedatanganku. Mungkin karena aku cuma celingak celinguk doang dikelas. Yaaaah, karena kelas masih sepenuhnya milik guru pamong dan aku cuma kek pajangan aja yang di tarok di samping guru pamong :')

Selanjutnya untuk minggu kedua sampai minggu keempat adalah minggu LMT (Latihan Mengajar Terbimbing), disini aku udah diperbolehkan menyampaikan materi. saat itu sesuai perintah dari pak Suhandi, aku mulai menyampaikan materi mengenai Komunikasi Dalam Jaringan. Alhamdulillah, untuk awalnya mereka cukup antusias dengan materi yang disampaikan....


TO BE CONTINUED .....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave your comment, please :)

 

Blog Template by BloggerCandy.com